Rabu, 30 Desember 2009

Keluarga

Kita adalah bagian dari keluarga kita. Hidup ditengah keluarga. Bentuk interaksi sosial pertama adalah keluarga. Banyak hal yang bisa di dapat dalam keluarga. Keluarga adalah kumpulan beberapa orang yang mempunyai hubungan darah atau hubungan karena perkawinan.
Kita menyadari rasanya sulit hidup tanpa keluarga, akan terasa sepi. Memang interaksi yang dijalin dalam keluarga akan saling mempengaruhi, menunjang. Baik, buruk dan sebagainya dan hal pertama kita pelajari dan dilihat terdapat dalam keluarga.
Di dalam keluarga ada pendidikan, interaksi sosial, perlindungan, berbagi, menasehati, menghibur, memberi kasih.

Bagaimana kita akan menolak untuk tidak berkeluarga. Secara kodrati kita semuanya mempunyai hasrat dan kebutuhan biologis. Lalu dengan siapa kita akan menyalurkannya ? Tentunya kita harus berkeluarga/melangsungkan pernikahan. Bagi laki-laki mencari isteri dan bagi perempuan mencari suami.

Ketika sudah terbentuk keluarga maka ada keinginan untuk punya anak. Dan pada umumnya setelah itu akan ada perasaan damai dan kebahagian jika ada hubungan yang baik di dalam keluarga tersebut.
Di dalam agamapun kehidupan berkeluarga di atur dengan sempurna sehingga terbentuk keluarga yang harmonis dan sakinah (dalam Islam) serta bahagia. Jika keluarga bahagia diharapkan masyarakat juga bahagia.
Lalu bagaimana membentuk keluarga yang harmonis dan sakinah. Jawabannya tidak lain bahwa adanya ketundukan suami isteri pada ajaran agama, seperti :
- membentuk keluarga dari pernikahan
- melanjutkan keturunan
- menggapai ridha Allah dengan mengamalkan amar ma'ruf nahi mungkar di dalam keluarga.
- saling bersilaturahim
- melahsanakan hak dan kewajiban sesuai fungsi dan ketentuan yang telah ditetapkan.
Sesungguhnya keluarga adalah nikmat yang patut kita syukuri dan amanah yang perlu kita jaga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar