Sabtu, 06 Juni 2009

Percaya diri

Setiap orang ingin bahagia dan yang terbaik dalam hidup. Percaya diri merupakan modal yang sebaiknya dimiliki. Banyak orang sukses walaupun potensi yang ada pada dirinya biasa saja, tetapi ia dapat mengoptimalkan kepercayaan dirinya.
Rasa percaya diri tidak lain adalah suatu keyakinan yang ada dalam diri yang meyakini tentang kemampuan atau potensi dirinya bisa dioptimalkan untuk mencapai sesuatu. Seberapa jauh kita mampu menumbuhkan rasa percaya diri itu tergantung dari beberapa hal sepertì :
1. Sikap optimis. Sikap ini mutlak dipunyai pada diri kita. Setiap apa yang kita lakukan tanamkan bahwa itu bisa dilaksanakan. Ketika pekerjaan itu memang dapat kita laksanakan secara langsung rasa percaya diri akan tumbuh.
2. Menjadikan kegagalan sebagai pemicu dan jalan untuk tindakan yang lebih baik lagi, atau dengan kata lain tidak ada kata menyerah. Artinya kondisikan diri kita dengan rencana dan harapan untuk mencapai kesuksesan. Dengan hal tersebut rasa percaya diri tak akan mati.
3. Ketika mengerjakan apa yang bisa kita kerjakan maka tanamkanlah memang kita ahlinya dalam pekerjaan itu. Nah sudah tentu rasa percaya diri akan bergelora.

4. Orang lain mampu, kita juga mampu. Artinya setiap pekerjaan dikerjakan sesuai dengan kemampuannya. Jangan membandingkan tentang kelebihan orang lain. Apabila kita selalu melihat kelebihan orang lain maka percaya diri akan layu dan akhirnya mati. Masing-masing sama mempunyai kelebihan kenapa harus rendah diri. Pertahanan diri pada kondisi ini perlu, yakni yakin akan kemampuan sendiri.

5. Dalam berkomunikasi perlu juga rasa percaya diri. Tatapan mata yang wajar dan sopan sangatlah mendukung. Ketika berbicara maka akan terlihat seseorang itu percaya diri atau tidak. Tidak ada kontak mata, selalu menunduk biasanya seseorang itu kurang percaya diri.
6. Jujur dalam berbicara. Apa yang kita sampaikan dengan sesungguhnya adalah bentuk percaya diri, tanpa takut dikritik dan juga menhormati serta menghargai orang lain.
7. Selesaikan pekerjaan kita, jangan mencampuri pekerjaan orang lain. Orang lain akan menganggap kita kurang percaya diri ketika pekerjaan kita belum selesai juga ikut melakukan pekerjaan orang. "Kerjaannya saja belum bisa diselesaikan apalagi pekerjaan orang lain." Nah ini kalimat yang mungkin bisa melemahkan rasa percaya diri kita.

Semua hal tersebut di atas hanya beberapa tips menumbuhkan rasa percaya diri, mungkin masih banyak lagi yang dilihat dari berbagai sudut pandang.
Demikian .
Sumber : Majalah al islah edisi 05 thn II /VII -VIII /97

Tidak ada komentar:

Posting Komentar