Selasa, 02 Juni 2009

Perkawinan

Perkawinan merupakan sesuatu yang sakral yang mestinya dijalani makhluk hidup. Perkawinan adalah suatu proses pertalian ikatan lahir bathin antara laki-laki dan perempuan dengan melakukan pernikahan.
Seorang laki-laki dan wanita yang saling mencintai, sama-sama tertarik, mempunyai banyak kesamaan dalam minat, ideal, merasa cocok segera akan ingin umtuk membuat hubungan yang lebih mantap dan terjamin. Ada rasa ingin hidup bersama, berbagi pengalaman,. Bentuk hubungan ini akan bisa diwujudkan melalui perkawinan.

Selanjutnya ada keinginan untuk hidup bersama. Cinta adalah percampuran antara perasaan dan seksualitas, dan hubungan sek. Hal tersebut biasanya menjadi suatu hasrat dalam perkawinan. Di mana daya tarik yang kuat akan terjadi terutama untuk melakukan keintiman fisik yang dekat, dan perkawinan mensahkan secara agama dan sosial hubungan sek ini.

Wanita dan laki-laki mungkin kawin karena sejumlah alasan-alasan pribadi. Namun pada dasarnya ada tiga tujuan pokok dalam perkawinan :
1. Hubungan yang stabil, kental yang berdasarkan pada rasa saling sayang, cinta dan persahabatan.
2. Hak dan kebebasan untuk hubungan seksual.
3. Terbinanya satu rumah tangga dan keluarga.
Jadi dapat diambil kesimpulan cinta, persahabatan, keintiman seksual dan keturunan merupakan motivasi seseorang untuk melakukan perkawinan.

Sumber : materi kuliah perawatan pra perkawinan Akper Depkes Yogya tahun 1993
Dosen : dr.H.M.Aliwafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar