Kamis, 25 Juni 2009

Egois

Egois, mementingkan diri sendiri, tidak peduli dengan orang lain, ingin menang sendiri adalah suatu sikap dan kebiasaan negatif yang tidak perlu dipelihara. Di dunia kita tidak sendiri banyak orang lain disekitar kita. Kita membutuhkan orang lain karena kita makhluk sosial yang selalu berhubungan, saling membutuhkan dan ketergantungan. Memang kita juga makhluk individu yang memerlukan privasi. Tetapi karena itu lalu kita menonjolkan keindividuan kita ?


Sering kita mengatakan "maaf saya sibuk atau saya lelah" ketika ada permintaan atau seseorang mengharapkan bantuan kita, padahal kita saat itu bisa berbuat untuk membantu . Nah, kadangkala kita kita tidak menyadari bahwa hal tersebut dapat berakibat kita kehilangan kawan atau orang lain yang mungkin suatu saat malah akan membantu kita. Kita harus menyadari bahwa kita juga memerlukan pertolongan orang lain, apapun bentuknya.
Bagaimana caranya untuk mengatasi sifat egois tersebut.
Caranya adalah dengan melakukan sesuatu yang kecil-kecil dulu untuk orang lain yang juga ada manfaatnya bagi diri sendiri. Kemudian lama kelamaan maka akan terasa sifat egois kita mulai berkurang.
Mari kita coba sama-sama. !


Sumber : majalah Al-Ishlah ed.05 thn 97

Tidak ada komentar:

Posting Komentar