Minggu, 27 September 2009

Musibah

Ketika waktu bergulir hidup juga berjalan. Apa yang ditemui dan dihadapi bermacam. Permasalahan hidup mengisi napas. Musibah adalah salah satu permasalahan itu. Musibah bisa berupa hasil dari perbuatan kita sendiri atau memang sebagai cobaan dariNya karena perbuatan kita atau sebagai ujian bagi kita. Pada dasarnya sesungguhnya tidak ada musibah yang datang sendiri, pasti ada sebab dari perbuatan kita. Sebagai cobaan atau ujian juga tidak lepas dari tindak tanduk, pola laku kita, serta kemaun kita juga. Mau takwa, cobaan dan ujiannya adalah perintah dan larangan.

Musibah adalah kejadian yang menimpa kita yang terjadi tanpa kita sangka sebelumnya dan biasanya kejadian itu tidk kita senangi. Bisa juga dikatakan malapetaka.
Musibah bisa juga bencana alam, gempa, banjir, tanah longsor. Bencana seperti ini secara langsung atau tidak langsung juga akibat dari perbuatan kita disadari atau tidak disadari.
Tidak kita sebelumnya dan tidak menyenangkan ? Iya. Contoh sederhana ketika kita mengalami kecelakaan lalu lintas. Apakah kita mengetahui sebelumnya. Tentu tidak dan sudah pasti hal tersebut tidak menyenangkan kita.

Sekarang bagaimana kita menyikapinya.
Memang memang musibah sesuatu hal yang menimpa seseorang. Bisa menjadi beban atau malah menjadi berkah. Menjadi beban apabila kita terlalu larut dengan penderitaan yang dialami. Menjadi berkah jika dapat mengambil hikmah yang ada dibalik musibah tersibah. Memang sulit perlu waktu untuk mengambilnya, pertama-tama memang terasa menjadi beban tapi seiring waktu berjalan mungkin hikmah muncul pelan-pelan.
Barangkali secara mudahnya agar lebih bijak melihat bencana tersebut sehingga tidak menjadi beban maka kita perlu meliha apa sisi baik yang tersisa atau yang terjadi setelah musibah. Seperti terjadi pada kecelakaan lalu lintas, misalnya yang tersisa kita masih hidup dan setelah itu ternyata silaturahim terjalin lebih baik. Sanak famili datang memjenguk dan mendoakan. Apakah ini tidak merupakan suatu kebaikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar