Selasa, 29 September 2009

Panjang angan-angan

Panjang angan-angan biasanya terjadi pada kita semua. Ini terjadi karena keinginan-keinginan kita juga. Kegemerlapan dunia selalu kita hadapi. Nah ini yang menjadi penyebab kita selalu panjang angan-angan. Cinta dunia, iya cinta dunia akan membuat kita selalu merasa panjang umur, apalagi kemewahan dunia telah kita miliki.

Akibat dari panjang angan-angan diantaranya kita akan malas taat, malas taat ini dampak langsung dari kalau merasa panjang umur. Mengapa ? Iya kita akan menunda-nunda, nanti-nanti bila berumur sekian baru berbuat taat. Nah ini yang biasanya terlintas, nanti bila sudah tua. Sadarkah kita dan tahukah kapan kita akan mati. Tentu kita tidak tahu. Lalu seharusnya jangan malas taat.

Akibat lain yaitu biasanya dalam urusan tobat akau ditunda atau menunda tobat juga. Ini dampak dari merasa panjang umur tadi. Dalam hal menuntut ilmu juga selalu menunda atau bahkan akan tidak mau. Hati akan menjadi beku, ini tidak lain karena kemalasan dan adanya cinta dunia yang berlebihan. Kesenangan dunia akan membuat kita asik dan terlena dan akan meniadakan penderitaan, lupa akan kematianlah yang dapat membutakan hati.
Lalu bagaimana panjang angan-angan?
Ada 2 cara yang diajarkan para ulama, yaitu :
1. Selalu ingat mati, dengan mengingat mati kita akan sadar bahwa kita tidak berumur panjang dan perasaan itu akan berkurang dan selanjutnya menghilang dan secara tidak langsung mengurangi rasa cinta dunia kita.
2. Memperkuat keimanan kepada Allah dan hari akhir. Tumbuhkan rasa kesadaran bahwa dunia itu dibenci oleh Allah. Kalau kita cinta dunia maka kita juga akan ikut dibenci oleh Allah. Mau!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar