Selasa, 15 September 2009

Nikmat

Sering kita mengatakan ah nikmat sekali. Ya, kata nikmat, dikata benar-benar nikmat. Apa sih nikmat itu ?
Nikmat itu adalah suatu rasa yang menyenangkan, membahagiakan yang timbul setelah merasakan sesuatu, mendapatkan sesuatu dari rangsangan atau kejadian luar yang kita rasakan atau terjadi pada diri kita.

Apakah dalam kesehariannya kita selalu mendapatkan nikmat ?
Iya, benar dalam setiap detik, menit, jam dan dalam sehari kita terus memperoleh nikmat yang banyak. Apabila seseorang mengatakan bahwa dia tidak memperoleh nikmat dalam kesehariannya maka itu bohong besar. Mata kita bisa berkedip apakah itu tidak nikmat yang kita rasakan. Udara sejuk, ah sejuknya kata kita, apakah itu tidak nikmat. Banyak, banyak sekali. Bahkan di dalam Al qur'an Allah berpirman yang artinya kurang lebih bahwa sekiranya kita menghitung nikmat yang kita dapat maka kita akan tidak sanggup dan apabila kita pandai bersyukur maka niscaya nikmat itu akan Allah tambah. Bukan main. Memang bukan main-main apa yang dinyatakan Allah dalam kitab suci Al qur'an tersebut.

Tetapi kita tidak boleh mempermainkan nikmat atau bermain-main dengan nikmat tersebut. Bisa-bisa malah sengsara kita terima.
Nikmat bisa bersifat positif yaitu nikmat yang tidak membuat kita sengsasa. Yaitu nikmat yang di berikan Allah untuk kemashalatan hidup kita. Lalu nikmat negatif adalah nikmat semu yang dirasakan sesaat tetapi selanjutnya menyengserakan hidup kita, nikmat ini biasanya diperoleh akibat bujuk rayu setan.
Mau pilih mana , sesaat yang menyengsarakan atau yang baik membahagiakan ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar