Sabtu, 21 November 2009

Belajar Memahami

Aku tidak mengerti mengapa mereka tidak paham ? Ini adalah sebuah pertanyaan yang memusingkan diri kita. Kita akan merasa heran, bahwa mereka tidak paham. Apa yang kemudian kita lakukan ? Memaksa mereka atau orang lain agar paham ? Dengan kekerasan merubah tidak paham menjadi paham ?
Tentu saja akan menimbulkan ketidakpahaman yang lebih parah walau mereka pura-pura paham. Atau kita akan menyerah, memutuskan orang lain tidak peduli pada kita. Tentu juga itu tidak. Dan mungkin kita hanya ingin merubah orang lain., tetapi mungkin ketidakpahaman itu terletak pada diri kita sendiri. Oleh karena itu sebenarnya kitalah yang harus berubah.

Artinya kita terlebih dahulu yang harus memahami orang lain. Apa yang bisa kulakukan atau kukatakan yang dapat membantu mereka untuk memahami apa yang perlu mereka ketahui supaya berhasil ? Lingkungan seperti apa yang akan memberikan dukungan kepada mereka untuk memperoleh informasi yang mereka butuhkan sehingga mereka dapat mewujudkan perubahan mereka sendiri ? Dan masih banyak pertanyaan-pertanyaan yang mungkin akhirnya memberi penyelesaian.
Ada beberapa kunci untuk belajar memahami, yaitu :
1. Jangan menyalahkan, bertanggungjawablah.
2. Pemaksaan menimbulkan perlawanan, praktekkanlah kerendahan hati.

3. Diberitahu itu membosankan, mulailah dengan pertanyaan.
4. Bersikap benar mungkin tindakan yang salah, tetaplah terbuka.
5. Jika anda percaya mereka tidak bisa, mereka tidak akan bisa, mulailah percaya mereka bisa.

Ketika orang disekitar kita tidak memahami, itu bukanlah akhir dunia. Itu merupakan kesempatan untuk menjadi seorang guru dan seorang rekan untuk melihat apakah kita akan dapat mencapai pemahaman secara bersama-sama.

Sumber :
Mengubah perlawanan menjadi pehaman, leslie yerkes, randy martin, pt bhuana ilmu populer, jakarta, 2006

Tidak ada komentar:

Posting Komentar