Senin, 09 November 2009

Kemerdekaan dan Pahlawan

Merdeka atau mati, sekali merdeka tetap merdeka, merdeka bung. Itu adalah kata-kata heroik pembangkit semangat. Kemerdekaan, iya kemerdekaan adalah tujuan dari kata-kata heroik tersebut. Dalam mencapai kemerdekaan tersebut tidak lepas dari perjuangan dan pengorbanan, dari itu lahirlah istilah pahlawan.

Merdeka diartikan sebagai suatu kebebasan dari suatu beban atau ikatan, dapat berdiri sendiri. Sedangkan kemerdekaan adalah suatu bentuk kebebasan yang telah tercapai dengan upaya perjuangan dan pengorbanan tersebut. Adapun pahlawan adalah orang yang berjuang dengan mengorbankan jiwa raga guna mencapai kemerdekaan tersebut.

Sekarang kemerdekaan telah ada dan banyak pahlawan -pahlawan telah kita kenal memperjuangkan kemerdekaan tersebut. Itu adalah kisah masa lalu yang sesungguhnya perlu kita teladani. Kini kata merdeka janganlah diartikan bebas sebebasnya dan menjadi kebebasan yang kebabalasan. Perlu norma-norma serta kaedah hukum. Mengapa begitu ?
Bebas pada saat ini bukan lagi bebas dari penjajahan tetapi bebas menjalankan kehidupan dengan tuntunan agama dan peraturan yang berlaku sehingga kebebasan itu terkendali.
Pahlawan disaat sekarang mungkin sangat jarang ditemui karena jarang seseorang mau berkorban atau berbuat secara ikhlas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar