Rabu, 15 April 2009

Bantuan Langsung Tunai

Hari ini ketika saya berangkat kerja di kecamatan banyak kerumunan orang -orang tua yang dikawal oleh aparat kepolisian. Saya ingin tahu ada apa gerangan. Ternyata ada pembagian bantuan langsung tunai alias blt. Terlihat pesertanya memang wajar-wajar saja untuk mendapatkan bantuan dan memang kelihatannya mereka sangat membutuhkan apalagi dimasa sulit sekarang. Memang masyarakat kita Indonesia masih banyak yang miskin yang padahal alamnya kaya akan sumber alam. Begitulah sudah keadaannya. Yang menjadi bahan pikiran saya apakah selamanya blt ini berlangsung.

Tentu tidak selamanya. Kalau Indonesia sudah kaya, makmur dan rakyatnya pada sudah kaya semua. Kapan ? Wallahu`alam. Bantuan yang diberikan merupakan program jangka pendek dan sejujurnya kurang mendidik, memanjakan masyarakat (pendapat saya).

Dimasa krisis ini mungkin program ini menjadi unggulan pemerintah untuk sementara. Selanjutnya kedepan membuka lapangan kerja yang lebih banyak. Peran kita untuk meringankan beban orang miskin, juga ikut membuka usaha yang dapat menyerap tenaga kerja selain juga memberikan blt pribadi kepada warga dekat, sanak keluarga yang membutuhkan.
Dari percakapan saya dengan penerima blt ketika sama-sama minum di warung mereka menerima blt sudah dua kali, pertama ketika sekitar bulan puasa tahun lalu berjumlah 400 ribu dan sekarang yang kedua 200 ribu. Kok turun, kenapa ? Tidak tahu juga kata mereka. Apa pemerintah sudah mulai kehabisan dana. ?
Tambah miskin dong negara kita, apa uangnya dialihkan buat mensukseskan pemilu tadi. ? Tidak tahulah, itulah jawaban yang terbaik sementara ini.
? ? ? BLT (Beban Lanjut Terus)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar