Selasa, 21 April 2009

Istirahat

Setelah seharian bekerja mencari rejeki.
Setelah seharian belajar mencari ilmu.
Setelah seharian berjalan mencari kesengan.
Setelah seharian bergerak mencari keringat.
Setelah seharian apa saja yang kita lakukan tentu ada rasa lelah, cape, suntuk dan sejenisnya. Sudah pasti ada keinginan untuk istirahat, baik ketika masih melakukan aktivitas ataupun setelahnya.

Istirahat merupakan sesuatu yang dianjurkan dalam agama ataupun dalam kesehatan. Istirahat diartikan berhenti sesaat atau beberapa waktu guna mengembalikan tenaga dan stamina serta kejernihan dalam berpikir. Istirahat bisa berupa menenangkan diri tanpa melakukan aktivitas yang melelahkan. Tidur merupakan istirahat yang agak lama.
Setelah bangun tidur diharapkan segar kembali.

Lalu bagaimana dengan cuti, pensiun dan phk.?
Cuti yaitu istirahat melakukan suatu pekerjaan yang berhubungan dengan pekerjaan tertentu dengan batas waktu tertentu, misalnya sebagai karyawan
Pensiun adalah istirahat melakukan suatu pekerjaan tertentu yang biasa dikerjakan pada setiap harinya dikarenakan adanya batasan usia yang mengharuskan kita untuk berhenti.
Pemutusan hubungan kerja atau phk merupakan pengistirahatan sepihak yang dikarenakan ketidakmampuan menanpung kita lebih lama.
Apa yang dapat kita cermati dari istirahat ? Ada 2 hal yakni menyenangkan jika untuk mengembalikan energi, tidak menyenangkan jika energi masih tapi dipaksa untuk istirahat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar