Jumat, 29 Mei 2009

Alam

Alam yang luas membentang dengan kekayaan yang melimpah semakin hari semakin berkurang. Memang pemanfaatan yang optimal sudah sepantasnya. Tetapi untuk membudidayakan serta pelestarian tidak sebanding.Ketika suatu hari aku mengikuti rombongan pengusaha batubara di kalimantan selatan bepergian melalui udara dengan pesawat perintis survei udara. Apa yang terlihat ?

Pemandangan yang cukup mengasikkan. Sawah terhampar, sungai mencoklat meliuk, jalan memanjang, hutan yang tidak begitu lebat lagi, gunung yang sebagian mulai gundul, dan yang baru banyak lobang danau yang dibikin para petambang batu bara. Semuanya kelihatan begitu kontras. Satu sisi persawahan yang menghijau berpetak-petak kelihatan indah, di sisi lain sungai yang keruh dan lobang raksasa serta gundulnya hutan begitu memprihatinkan.

Memang alam kita sekarang sudah mulai bergeser ke arah kehancuran sekiranya kita semua tidak peduli untuk melestarikan. Permasalahannya apa yang seharusnya kita lakukan. ?
Yang bisa kita lakukan tidak lain adalah memelihara alam lingkungan kita sendiri. Menanam sebatang pohon di sekitar rumah kita, memperindah dengan bunga-bunga, tidak menebang pohon sembarangan. Bagi penambang sudah pasti wajib melakukan reklamasi dan penghijauan. Terakhir berpikirlah apa yang kita wariskan buat anak cucu kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar