Sabtu, 02 Mei 2009

Sebuah kegagalan

Kegagalan diartikan sebagai ketidak berhasilan dalam mencapai sesuatu. Kegagalan kadang berbuntut dengan kekecewaan, kesedihan prustasi dan bisa stress yang ujung-ujung sakit jiwa.
Banyak macam kegagalan yang sering kita alami.
Sekiranya saya boleh bertanya, sudahkah kita dapat memahami kegagalan yang menerpa kita ?

Semua orang takut akan gagal, namun kita tidak bisa menghindarinya. Buktinya semua orang pasti pernah gagal. Tidak percaya ? Tanyalah diri kita masing-masing. Pernahkah kita tidak berhasil mencapai sesuatu ? Tentu semua pernah walaupun sekecil apapun.

Kegagalan yang dialami seseorang tak jarang menimbulkan kekecewaan yang dalam, hingga hilang kepercayaan diri. Tragisnya banyak yang mengakhiri hidupnya karena tidak sanggup memikul beban derita kegagalannya.
Namun banyak juga orang yang menganggap kegagalan sebagai motivasi untuk mencapai kesuksesan. Orang seperti ini biasanya kegagalan adalah pelajaran yang berharga dan sekiranya menemui permasalahan yang sama maka kegagalan tidak akan terulang kembali.
Kegagalan bukanlah hal yang terburuk yang harus ditakutkan, yang terburuk kita tidak pernah berusaha dan berhenti berjuang dan cepat putus asa.
Banyak orang sukses yang terlebih dahulu mengalami kegagalan.
Oleh karena itu, cara yang mungkin bisa ditempuh untuk mengatasi kekecewaan adalah mengoreksi diri sendiri, adakah kelemahan pada diri kita. Selanjutnya perbaiki dengan tindakan dan perbuatan yang membangun. Jangan menyalahkan diri sendiri apalagi menyalahkan orang lain. Belajarlah dari kegagalan itu agar tidak terulang lagi dan teruslah berjuang. Ok.

Sumber: Membangun kepribadian masa depan, forum remaja 21

Tidak ada komentar:

Posting Komentar