Sabtu, 28 Maret 2009

Peringatan

Banyak hal yang terjadi dan kita alami pada tiap hari merupakan suatu peringatan atau teguran. Peringatan bisa berupa kata-kata dari orang lain atau simbol-simbol yang mengharuskan kita untuk hati-hati atau waspada. Bisa juga berupa akibat dari sesuatu kata-kata atau tindakan kita sebelumnya. Lalu perlukah peringatan atau teguran dalam kehidupan kita.
Hidup manusia merupakan suatu proses untuk menuju kesempurnaan. Dalam perjalanannya banyak cara yang dilakukan. Ada yang sesuai jalurnya dan ada yang menyimpang dari jalurnya. Banyak kekeliruan yang mungkin kita lakukan. Untuk meluruskan kekeliruan itulah diperlukan peringatan atau teguran. Setelah mendapatkan teguran seharusnya kita menginsafinya dan berusaha untuk memperbaikinya. Jangam marah atau kesal, sesungguhnya dengan teguran tersebut ada kasih sayang di dalamnya. Seandainya kita terus dibiarkan salah bagaimana ? Bisa sengsara kita

Maka bersyukurlah dengan peringatan tersebut. Permasalahannya adalah kita tidak mengenali peringatan atau teguran tersebut. Kalau dari kata-kata atau simbol-simbol kita dapat belajar, tapi sekiranya peringatan tersebut dalam bentuk akibat dari perbuatan kita maka ini yang sering tidak kita sadari. Pada kehidupan ada tata krama, tata tertip, pedoman/petunjuk pelaksanaan, dan yang sejenisnya. Semua itu dapat dijadikan peringatan. Di dalam agama ada kitab yang digunakan itu merupakan peringatan. Kejadian yang kita alami juga merupakan peringatan. Adanya semua itu tidak lain untuk menuju kebaikan atau kesempurnaan. Solusinya adalah kita harus mempelajarinya sehingga kekeliruan yang kita lakukan dapat diminimalkan atau bahkan tidak ada (sekiranya bisa).

Seandainya ada peringatan atau teguran janganlah dijadikan suatu masalah. Merenunglah ada apa dari teguran tersebut. Sekali lagi bersyukurlah dan berterima kasihlah dengan adanya peringatan tersebut. Itu salah satu bentuk kasih sayangNya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar